Thursday, October 23, 2014

Keistimewaan 7

sumber: dari sini
Tahun 2014 ini memiliki dua digit terakhir yang merupakan kelipatan tujuh. Dua hari yang lalu Indonesia baru saja memiliki presiden ketujuh.

Tidak, saya tidak sedang menulis tentang kehebohan pengumuman menteri, apalagi tentang pernikahan mewah artis belakangan ini.

Me Vs Pak Jack

Saya akan berbagi kenangan tentang tujuh yang selalu terkenang sampai sekarang. Siang itu di kelas 2A SMP di kecamatan kecil bagian dari Mojokerto, kami tengah belajar matematika. Di tengah kantuk dan pusing bergulat dengan rumus, pak Jack guru kami berkata akan unjuk gigi sebagai peramal. Pertama-tama, pak Jack menulis tiga baris kategori yang masing-masing berisi tiga bilangan.

1 2 3 angka kecil

4 5 6 angka sedang

7 8 9 angka besar

Beliau lalu memilih saya sebagai lawan dan memperbolehkan saya menggunakan kalkulator sebagai senjata. Penuh semangat saya genggam kalkulator erat-erat. Pak Jack meminta saya memilih sebarang angka dan membaginya dengan TUJUH. Iya, tujuh yang itu. Tujuh yang ada di sebelah para pendamping bernama delapan dan 9.

Dengan jumawa beliau membuat pernyataan bahwa beliau akan bisa menebak 6 digit angka di belakang koma! Senjata beliau hanya dua pertanyaan.

Pertama, di kategori manakah digit pertama di belakang koma berada? Angka kecil, sedang, atau besar?

Kedua, digit pertama tersebut genap atau ganjil?

Penuh senyum kemenangan beliau pun berhasil membaca 6 digit di belakang koma yang tertulis di kalkulator saya. Karena penasaran, saya mencoba menantang beliau sampai dua ronde tambahan. Dan beliau tetap menang!

Hebatnya, pak Jack malah meminta saya menebak trik mengapa beliau bisa menjadi peramal dadakan.

Waktu itu saya masih malu-malu berbicara di depan umum, sekarang sih malu-maluin. *benerin bros kerudung dulu*

Meskipun begitu, setidaknya ada beberapa hal yang berkecamuk dalam pikiran saya yang masih sangat muda. Oh, I am not that old now, guys. :P Sayangnya saya masih belum bisa mengajukan argumen saya yang kurang lebih berisi:
  • Pembagian terhadap tujuh menghasilkan pola tertentu
  • Dengan membagi sembilan angka dasar dalam tiga kategori, beliau mempersempit peluang tebakan digit pertama.
  • Setelah tahu letak kategorinya, beliau hanya perlu memilih angka ganjil atau genap saja. Nah, karena waktu itu saya belum menemukan letak polanya, saya kebingungan. Kategori angka kecil dan besar punya dua angka ganjil sedangkan kategori angka sedang punya dua angka genap. Bagaimana mungkin?
The secret behind seven

Rahasianya terletak pada keistimewaan angka tujuh. Saya hanya menuliskan ulang dengan gaya lain rahasia yang dibagikan pak Jack pada kami saat itu.

Perhatikan pembagian oleh tujuh dengan mengambil 6 digit angka tanpa membulatkan digit ketujuh.
1 : 7 = 0,142857

2 : 7 = 0,285714

3 : 7 = 0,428571

4 : 7 = 0,571428

5 : 7 = 0,714285

6 : 7 = 0,857142

7 : 7 = 1,000000

8 : 7 = 1,142857

9 : 7 = 1,285714

Semua desimal di belakang koma terdiri dari kombinasi 6 angka yaitu 1, 2, 4, 5, 7, 8. Urutan dasarnya adalah 142857 lalu berulang sesuai dengan digit pertama.

Ketika mengecek pembagian tujuh pagi ini saya kembali terpukau, ternyata digit pertama muncul berurutan dari nilai terkecil hingga terbesar (1 sampai 8) berhenti di 0 lalu terulang kembali dengan berubahnya bilangan di depan koma. Amazing, right?

Pesan Moral

Saya baru menyadari tujuan pak Jack mengajak kami bermain tebak-tebakan setelah saya belajar tentang psikologi pembelajaran. Kisah ini pun pernah saya ceritakan pada teman kuliah saat saya presentasi mata kuliah MKPBM. Rehat dalam belajar itu penting, bisa dibaca di sini juga.

Saya yang waktu itu kurang percaya diri dengan matematika menjadi bersemangat belajar karena akhirnya ada guru yang menganggap saya ada. *lebay* Maklum, saya zaman dulu merasa minder dan tenggelam karena teman sebangku saya lebih populer, hahaha. Maaf ya, teman sebangku saya :P

Side story of the incredible seven

Pagi tadi saya iseng mencari tentang angka tujuh. Beragam cerita, mitos, dan beragam hal lain berkaitan tentang tujuh bisa dibaca di mas Wiki. Selain tentang pembagian, perkalian tujuh juga istimewa lho, baca dech di sini.

Tapi karena saya penggemar Harry Potter, jadi saya ceritakan bagaimana JK. Rowling sang penulis serial ini menfaatkan angka tujuh menjadi begitu istimewa, diantaranya adalah ketujuh hal berikut (sumber lengkap bisa ditengok di sini)
  • Sekolah Hogwarts ditempuh dalam tujuh tahun
  • Ada tujuh lantai di kastil Hogwarts
  • Musuh Harry potter punya 7 Horcruxes
  • Keluarga Weasly punya anak tujuh bersaudara
  • Harry membeli tongkatnya seharga 7 Galleon
  • Quidditch dimainkan oleh 7 orang
  • Dan tentu saja Harry kembar 7 untuk mengelabui Voldemort ketika meinggalkan rumah pamannya.
Masih berani bilang bahwa tujuh adalah angka biasa?

Tujuh. Sapta. Septa. Sab’ah. Hepta. Seven. Zeven.

Kalau Kurt Schneider musisi lulusan jurusan matematika punya emoticon :1, sepertinya saya bisa memakai angka lain. Karena tujuh begitu istimewa. :7

23.10.2014
afatsa

4 comments:

  1. what's about number 9? very special too...

    ReplyDelete
  2. Sudah banyak yang tahu kalau tentang sembilan, ustadz...:)

    ReplyDelete
  3. masih penasaran dengan ketepatan pak guru menebak angka di belakang koma. mungkin lebih diceritakan lagi, seperti angka berapa yang saat itu nisa pilih, dan bagaimana pak guru menerka dengan tepat hasil yg diharapkan. kira2 pak guru tsb hafal 4 digit angka hasil dari pembagian dg bilangan 7 dari 1 s/d 9? krn berdasar ketikan di atas, tak satu pun angka hasil pembagian menunjukkan hasil yg sama.

    ReplyDelete
  4. wah, jadi kepikiran bikin keistimewaan 7 part 2...wkwkwkwk

    ReplyDelete